Rabu, 05 November 2014

HIJRAH PERAN MENUJU SPIRIT KESUKSESAN



“Hendaklah setiap diri memperhatikan (melakukan introspeksi) tentang apa-apa yang telah diperbuatnya untuk menghadapi hari esok (alam akhirat),”.(QS Al Hasyr:18).

SETIAP tanggal 1 Muharram umat Islam di seluruh dunia memperingati tahun baru Hijriyah, yaitu awal tahun penanggalan Islam. Hijrah sebagai peristiwa monumental dalam sejarah Islam dijadikan momentum awal perhitungan Tahun Hijriyah Sekaligus sebagai awal kebangkitan umat islam.
Sekitar 1400 abad yang lalu seorang lelaki pemikul peradaban melakukan perjalanan menuju madinah guna menemui titik tolak kesuksesan tersebut, beliau kita kenal dengan Muhammad bin Abdullah yg di angkat menjadi penutup dari segala nabi dan rasul, perjalanan itu di penuhi dengan kecaman dan marabahaya.  tetapi Dengan semangat hijrah dalam membentuk peradaban baru & di dukung dengan peran para pemberani maka perjalan itu mampu menghasilkan tatanan dunia baru. Ditandai dengan berdirinya Negara yg bersyariat islam dan runtuh nya 2 imperium kekuatan dunia.
Hijrah ini tentu banyak mendapat kecaman dan tantangan, salah satunya datang dari kaum quraisy yg membencinya. Dengan membuat konspirasi pembunuhan terhadap nabi SAW. Semua itu bermula di adakannya pertemuan di Darun Nadwah ( rumah qushayyi bin kilab, tempat kaum quraisy memutus segala perkara ) untuk membahas apa yg harus dilakukan terhadap Muhammad Saw, Akhirnya di dapat kesepakatan untuk mengambil seorang pemuda yang kuat dari kabilah quraisy untuk membunuh Muhammad, konspirasi pun dilaksanakan akan tetapi makar allah lebih hebat, sebagaimana firman allah ﭛ  ﭜ  ﭝ  ﭟ  ﭠ   ﭡ  ﭢ  آل عمران: ٥٤
Ada hal menarik disini, bahwa dalam kehidupan selalu ada peperangan antara haq dan bathil, bukti nyata dalam kehidupan abad 20 tidak menampik itu, bahwa kebathilan selalu merongrong kehidupan.
 


Di setiap zaman
selalu ada yang
Namanya peperangan
 antara al haq dan al bathil
 


Peran pun di butuhkan dalam kesusksesan hijrah, mereka yang mengambil peran di abadikan nama nya dalam sejarah sebagai titik awal kesuksesan dalam membentuk peradaban islami yg berlandaskan syariat ALLAH SWT, di antaranya :

·         ABU BAKAR AS SIDDIQ
            Abu bakar melihat kaum muslimin sudah banyak yang melakukan hijrah, ia datang kepada rasulullah meminta izin untuk berhijrah. Di jawab oleh rasulullah “ jangan tergesa gesa aku ingin memperoleh izin dulu dari allah “
Dialah org yang pertama2 masuk islam dari golongan laki laki, sahabat terbaik, yg pertama membenarkan isro mi’roj dan shohibul ghor ( yang menemani rasulullah dalam hijrah ),berapa banyak peran yang di mainkan oleh abu bakar sehingga menempatkannya sebagai sahabat terbaik dan di katakan ia membawa seluruh hartanya ketika hijrah, tak luput ia mengikut sertakan keluarganya dalam mengemban peran hijrah sehingga kita dapat melihat suatu kelurga yg mempunyai semangat perubahan dan spirit persatuan. Spirit itu pun di tanamkan terhadap anak anaknya sebagai bentuk totalitas terhadap islam dan dijadikan sebagai idealisme dalam kehidupannya,
Ada kisah heroik yg di contohkan abu bakar ketika mereka berada di gua tsur, ketika di dalam gua ia mengorbankan tangannya di gigit seekor ular demi menjaga sang kekasih allah, sampai2 dia tidak mau membngunkan nabi dari tidur, sikap kepercayaan dan kecintaan terhadap pemimpin harus di apresiasi walaupun harganya adalah nyawa karna dengan itu itu di telah melindungi kepentingan kolektif dan bukti rasulullah adalah org yg di percaya dan di ikuti kata katanya.
 


Seseorang di akui sebagai
 pemimpin bila kepadanya di berikan kepercayaan.
pemimpin adalah org yg di ikuti
 kata – kata dan perbuatannya
 


·        ASMA’ BINTI ABU BAKAR

 adalah pengantar makanan ketika rasulullah dan ayahnya berada di gua Hira & mendapatkan sebutan “ pemilik 2 ikat pinggang “ karna dia memotong 2 ikat pinggangnya untuk mengikat makanan, tak terlupa sayyidah AISYAH BINTI ABU BAKAR  yang juga ikut dalam menyiapkan makanan, 2 contoh  anak teladan yg mampu memberikan peran & kontribusi terhadap keluarga walaupun itu di lalui dengan taruhan nyawa dan integritas. 2 wanita terhormat yang merelakan masa mudanya untuk berkontribusi dan berkiprah dalam kesuksesan agama dan bangsa dan ini menunjukkan betapa besarnya nya peran wanita dalam membangun dan menghasilkan peradaban

·         ALI BIN ABI THALIB
   Rasulullah kemudian menemui sepupunya  memerintahkannya untuk menunda keberangkatannya dan memerintahkannya untuk tidur di tempat tidur nya pada malam keberangkatan.
Dialah ali bin abi thalib sepupu sekaligus menantu rasulullah. Masuk kedalam golongan  assabiqul awwalun dari kalangan anak- anak, pemuda idaman yg berani dan zuhud, dan salah satu khalifah terbaik yg dimiliki umat islam.peran dan kontribusi pun di tunjukkan oleh sang sepupu, yg pada malamnya kafir quraisy telah mengepung rumah nabi guna melenyapkanya, perannya hanya sedikit akan tetapi dampaknya bias kita rasakan. Itulah kenapa rasa kepercayaan dan keberanian perlu di pupuk dari kecil. Beliau pun pernah barucap “ kebaikan yg tidak di tata dengan rapi akan dikalahkan dengan kejahan yg di tata dengan rapi dan terarah ”
 


“ kebaikan yg tidak di tata dengan rapi
 akan dikalahkan dengan kejahan yg di tata
rapi dan terarah ”
 


·         ABDULLAH BIN ABU BAKAR
Sang intelejen ulung dalam perjalan hijrah. Abu bakar memerintahkan kepada anak laki lakinya itu untuk menyadap berita yang di bicarakan orang banyak diluar untuk  disampaikan sore harinya kepadanya di dalam gua.

·         AMIR BIN FAHIRAH
Dia lah mantan budak abu bakar, selain kepada anaknya abu bakar memerintahkan supaya mengembalakan kambingnya di siang hari dan sore hari nya supaya di giring ke gua untuk di perah air susunya, disamping menghapus jejak dari perjalan keduanya. Kita melihat kontribusi kecil yg mampu menghasilkan peradaban besar, setiap org pun saling melengkapi satu sama lain dengan rasa solidaritas tinggi serta mengoptimalkan seluruh kelebihan dan propesi dalam bekerja maka kita mengingat kembali semboyan agung bangsa ini “ BHINEKA TUNGGAL IKA “  berbeda profesi, jabatan dan kelebihan akan tetapi kalau disatukan dengan nilai 2 kecintaan dan nilai kolektif maka akan berbuah satu kesatuan yg tak akan hancur walu di terpa tsunami sekalipun.

·         ABDULLAH BIN URAIQITH
Seoarang pemandu jalan yg menunjukkan jalan rahasia ke madinah, kenapa di bilang “ rahasia “. Madinah terletak di sebelah utara sedangkan perjalan rasulullah berjalan kesebelah selatan guna menghindari kejaran dari musuh. suatu strategi yg mengilhami hati dan pikiran, kita di ajarkan untuk berusaha dan bertindak padahal rosulullah di jaga Allah SWT dari marabahaya dan merupakan kekasihnya, kenapa harus keselatan ?
 Rosululloh memberikan isyarat begitu pentingnya sebab dan musabbabb dalam suatu kesuksesan, ketika telah berazam untuk bergerak, ia gunakan seluruh tenaga dan pikiran untuk mencapainya dan ketika berdoa ia menganggapsemuanya adalah atas izin dan campur tangan allah, maka benarlah firman Allah SWT     ﯧ 

·         SURAQAH BIN JA’SAM
Pada suatu hari ketika, ketika sejumlah orang dari bani mudjil sedang mengadakan pertemuan untuk memburu hadiah yang di janjikan kafir quraisy, diantara mereka terdapat suraqah yang bakal membunuh rasulullah SAW dan Abu bakar As shidiq. Tatkala ia hendak mebunuh keduanya kudanya pun tersungkur dan ia pun jatuh terpelanting hingga 3 kali berturut turut, setelah berlumuran tanah ia memanggil manggil untuk meminta tolong. Rasulullah SAW dan Abu bakar pun menghampirinya, ia meminta maaf dan memohon supaya nabi sudi berdoa memohonka ampun untuknya. Apa peran suraqah dalm hijrah ini? Dia lah yang mengatakan kepada siapa saja yang lewat bahwa Rasulullah dan keduanya tidak melewati jalan itu, itulah kisah kisah seseorang di pagi hari, ia berjuang giat ingin membunuh Nabi, tetapi di sore hari berbalik menjadi pelindungnya.
Merekah salah satu yang telah mengambil peran amanah dalam perjalan hijrah. Tidak ada nilai dan arti tanah air, Bangsa, harta dan kehormatan apabila aqidah islam terancam punah. Karena itulah allah mewajibkan para hambanya untuk mengorbankan segala sesutau mana kala di perlukan dan bukti yang terbaik dari peran dan pengorbanan ini ialah hijrah dari makkah ke madinah,

MUHAMMAD ALFIKRI
Bekasi, Ma’had qur’aniyah Al – Jandal
 24 November 2013


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DARI MASA KE MASA

Random Post

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. fikri safir - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger